Senin, 18 Juli 2011

RAHASIA MLM

Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.

Pernahkah anda memberikan informasi mengenai suatu barang atau jasa kepada teman atau saudara anda atau orang yang mungkin kebetulan bertanya kepada anda dan anda menawarkan barang atau jasa tersebut karena anda sudah mengalami sendiri bahwa produk atau jasa tersebut bermanfaat dan bagus buat anda?

Mengapa anda memberikan informasi kepada teman, saudara atau orang yang sekedar bertanya tadi mengenai barang atau jasa yang bermanfaat dan bagus? Karena sesuatu yang bermanfaat dan bagus, dimana anda sudah membuktikannya sendiri lebih mudah untuk dipromosikan.

Pertanyaannya adalah : Apa yang anda dapatkan dari kegiatan promosi tadi ?
Tentunya perasaan bahagia karena telah berbagi sesuatu yang bermanfaat buat anda kepada orang lain.

Tapi apabila anda tidak memiliki hubungan apapun dengan produk dan jasa yang anda promosikan tadi, maka hanya perasaan kebahagiaan saja yang bisa anda dapatkan.

Bisnis Multi Level Marketing (MLM) sebenarnya adalah sebuah sistem pemasaran yang digunakan untuk menjalin hubungan langsung antara Pelanggan dan Produk atau Jasa. Dimana dari setiap produk atau jasa yang anda promosikan akan mendapatkan reward dari pemilik produk atau jasa tadi.

Perhatikan gambar di bawah ini :
Gambar diatas menunjukkan perputaran uang yang terjadi pada bisnis konvensional. Dimana anda sebagai konsumen hanya sebagai pengguna saja. Dan keuntungan dari penjualan yang dirasakan oleh mereka yang berada di dalam lingkaran promosi. Promosi baik yang dilakukan oleh Perusahaan pemilik produk, agen, distributor maupun oleh para pengecer.
Gambar diatas menunjukkan perputaran uang yang terjadi pada sebuah bisnis MLM. Dimana anda sebagai konsumen juga bertindak sebagai agen / distributor / pengecer. Karena anda bertindak sebagai distributor sekaligus konsumen, maka anda masuk kedalam sistem penjualan dan promosi dan sekaligus berada di dalam lingkaran perputaran keuntungan.

Bisnis Multi Level Marketing sebenarnya hanyalah istilah yang digunakan untuk sebuah sistem sederhana yang dilakukan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya. Dengan mengikat anda sebagai Distributor sekaligus konsumen maka perusahaan memiliki sudah pelanggan tetap. Dan sistem Multi Level Marketing yang baik tentunya juga memperhatikan kontribusi yang sudah diebrikan ole para konsumen yang juga bertindak sebagai distributor yang sudah mempromosikan produk-produknya. Untuk itulah biaya yang tadinya dianggarkan untuk promosi dapat dibagi kepada para distributor.

Lantas mengapa banyak bisnis MLM yang hanya bertahan sebentar saja :
Menurut saya alasannya adalah produk dan sistem dari Multi Level Marketing itu sendiri. Bisa jadi karena produknya yang memang kurang bermanfaat sehingga walaupun sudah memiliki banyak pelanggan tetap namun karena produknya tidak bermanfaat maka konsumen tetap tadi tidak melakukan pembelian ataupun penjualan dan promosi.
Alasan yang lain adalah Sistem Marketingnya, atau sistem bagi hasilnya yang kurang menarik bagi para calon distributor dan konsumen, sementara produk yang ditawarkan meskipun produknya bagus dan bermanfaat namun faktor persaingan produk yang memiliki kesamaan manfaat dan mutu membuat produk tersebut sulit bersaing.
Alasan ketiga mungkin dari system pendidikan. Sistem pendidikan yang dimaksud disini adalah sistem pembinaan yang dilakukan oleh perusahaan kepada para distributornya. Apabila perusahaan tersebut tidak memiliki sistem pembinaan yang baik terhadap para distributornya, maka yang terjadi adalah keberlangsungan dari sistem dan penjualan produk akan terganggu. Karena semakin besar jaringan pemasaran yang dimiliki maka semakin besar pula kebutuhan pembimbingan yang tepat diperlukan untuk mempertahankan iklim usaha yang baik. Informasi yang didapat oleh mereka para distributor-distributor baru akan berkurang dibanding mereka yang sudah lama menjadi bagian dari sistem MLM tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar