Rabu, 20 Juli 2011

Memilih MLM

Perusahaan Multi Level Marketing berkembang dengan cara menawarkan produk dan sistemnya kepada anda. Dengan menawarkan produk-produk yang berkwalitas, bermanfaat dan keuntungan-keuntungan yang bisa anda dapatkan apabila anda bergabung. Namun alasan produk dan keuntungan tidak cukup bagi anda untuk bisa memutuskan bahwa perusahaan tersebut lebih baik dari yang lain.

Berikut 5 hal yang harus perhatikan saat anda ditawarkan untuk bergabung pada sebuah perusahaan Multi Level Marketing.

1. Produk
2. Plan
3. Place
4. Promotion
5. People

1. Produk
Beberapa hal yang harus anda lihat dari produk yang ditawarkan kepada anda :
  • Manfaat : Produk tersebut harus memiliki manfaat positif buat anda
  • Butuh : Setelah anda tahu manfaat dari produk tersebut, pertanyaannya adalah, Apakah anda membutuhkan produk tersebut ?
  • Kwalitas : Jaminan kwalitas sangat penting untuk anda perhatikan karena anda tentunya tidak mau menggunakan produk yang kwalitasnya diragukan
  • Nilai Jual : Saat anda ditawarkan produk dari bisnis MLM, mungkin anda juga akan tertarik dengan bisnis yang ditawarkan. Nilai Jual produk harus menjadi pertimbangan anda setelah anda mengetahui manfaat dari produk tersebut, Karena bisnis MLM yang baik, keuntungannya didapat dari penjualan produk dan bukan dari proses rekrut.
2. Plan
Plan / Rencana
  • Perhatikan bagaimana cara perusahan MLM menawarkan bisnisnya kepada anda. Pada tahap awal ini kita sudah bisa melihat apa yang sebenarnya ingin diraih oleh perusahaan MLM tersebut. Jika anda langsung ditawari keuntungan yang besar, maka begitu pula perusahaan MLM tersebut juga ingin mencari keuntungan yang besar dari anda. Apa yang pertama kali ditawarkan kepada anda, maka itulah yang pertamakali diambil oleh perusahaan MLM tersebut.
  • Perhatikan juga Manajemennya. Paling tidak kita harus tahu dimana posisi kantor pusat dari perusahaan MLM tersebut, Kantor cabangnya, Legalitasnya.
  • Sisi bisnis untuk meraih keuntungan adalah alasan dari sebagian besar anda untuk bersedia bergabun di bisnis MLM, maka anda harus perhatikan bagaimana sistem bonus atau bagi hasil yang diterapkan oleh perusahaan tersebut. Adilkah? berimbangkah? saling memberatkan atau tidak?
3. Place
Tempat :
  • Sebuah perusahaan apapun itu bentuknya pasti memiliki tempat. Tanyakan dimana kantor pusatnya? dimana kantor cabangnya yang terdekat? dan lihat nilai dari kantor tersebut.
  • Bisnis MLM yang baik harus bisa dijalankan dimanapun anda berada. Artinya anda bisa mengembangkan usaha anda dimanapun anda berada tanpa ada batasan-batasan yang timbul oleh peraturan-peraturan dari perusahaan itu sendiri.
4. Promotion
Promosi :
  • Perhatikan, apakah ada promosi-promosi yang bisa membantu anda nantinya sebagai distributor.
5. People
Orang-orangnya :
  • Hal pertama yang harus anda lihat adalah siapa orang-orang yang berada dibelakang perusahaan tersebut. Siapa pendirinya? Dan lihat latar belakang, pengetahuan dan pengalamannya.
  • Perhatikan juga sejauh mana komitmen dari para pempimpin di perusahaan tersebut terhadap perusahaannya sendiri dan terhadap anda sebagai konsumen atau calon mitra.

Mendapatkan keuntungan dari sebuah bisnis adalah alasan mengapa anda mau menjalankan bisnis tersebut. Keuntungan yang besar namun sesaat tidak bisa menjamin anda untuk bisa meraih apa yang anda impikan, tidak bisa menjamin pensiun anda, tidak bisa menjamin kebebasan anda. Percuma saja anda pindah dari satu MLM ke MLM yang lain hanya untuk mendapatkan keuntungan besar sesaat saja. Akhirnya konsep pindah-pindah MLM ini sama saja dengan konsep usaha secara konvensioal atau umum, dimana anda harus bekerja untuk mendapatkan uang dan konsep usahanya adalah memanfaatkan orang. Dalam bisnis konvensional saat anda berhenti menjalankan bisnis anda sendiri, yang dirugikan hanya anda sendiri dan anda masih bisa untuk memulai lagi. Tapi jika anda berpindah-pindah bisnis MLM maka yang dirugikan tidak hanya anda sendiri tapi juga orang lain yang anda ajak. Akhirnya bukan hanya anda yang rugi tapi orang lain juga. Hal ini menyebabkan anda akan sulit untuk kembali mencoba menjalankan bisnis yang sama dikemudian hari, mengapa? Karena bisnis MLM adalah bisnis yang sangat mengandalkan kepercayaan dan hubungan antar manusia. Saat anda sudah tidak dipercaya lagi oleh orang, maka anda akan kesulitan untuk menjalankan bisnis yang sama walaupun bisnis MLM yang anda tawarkan lebih baik dari yang sebelumnya.

Sebuah bisnis selain harus bisa memberikan anda keuntungan yang besar juga harus memiliki sistem dan perencanaan jangka panjang. Sistem yang bisa menjamin kebebasan financial anda. Sehingga anda tidak harus bekerja sepanjang hidup anda dan anda bisa menikmati kebebasan waktu yang lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar